Senin, 25 Februari 2019

Pada hari Kopi Internasional kali ini kami memperkenalkan kopi organic kelas satu dari Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sul...

5 Keunggulan Kopi Kahayya dari Bulukumba

Pada hari Kopi Internasional kali ini kami memperkenalkan kopi organic kelas satu dari Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Kopi ini tidak saaja istimewa karena citra rasanya yang memang unik dan tiada duanya, tetapi juga karena kopi ini eksklusif dan hanya tumbuh di desa Kahayya, di Pulau Sulawesi yang berbentuk ‘K’ tersebut.

Berikut adalah 5 keunggulan kopi Kahayya yang patut anda dan coffee lover ketahui:



#Kopi Kahayya adalah kopi organik, yang mulai dari penanaman, pengolahan, hingga pasca panen dilakukan secara organic, dan tidak terpapar oleh penggunaan bahan kimia seperti pubuk sintetis dan pestisida. Hal mana, sejak ratusan tahun yang lalu, desa Kahayya berada di wilayah terpencil, di atas bukut dengan jalan tanah yang jauh aksesnya dari ibu Kota Kabupaten.


#Kopi Kahayya adalah kopi orangik satu-satunya di Sulawesi Selatan yang memiliki Green Tracking System (GTS) berkat inisiasi yang dilakukan oleh Sulawesi Community Foundation (SCF), sebuah lembaga swadaya di Sulawesi Selatan saat melaksanakan program peduli  untuk #Inklusi sosial, bekerjasama dengan Pemerinah Kabupaten Bulukumba. 

Dengan GTS ini maka, para penikmat kopi di seluruh dunia bisa melacak keaslian kopi yang sedang diteguknya. Bahkan kita bisa mengetahui teknik pengolahan produk, jumlah produksi pertahun. Melalui system ini tahun kadaluarsa produk tidak dapat dipalsukan, bahkan konsumen dapat mengeahui secara detil jenis atau varian produk sebelum diolah. Di Desa Kahaya, para petani kopi memproduksi kopi dengan prinsisip-prinsip berkelanjutan tanpa merusak alam sekitar.
#Kopi Kahayya tumbuh di habitat yang istimewa. Meski pun berasal dari benih robusta dan Arabica, namun karena habitat tumbuhnya berbeda dari kopi-kopi lain yang sudah banyak beredar di pasar Indonesia dan dunia. Dimana, kopi Kahayya hanya tumbuh di tempat khusus, yaitu di tepat di daerah bekas letusan gunung merapi purba  (sekitar 20000 tahun yang lalu), dengan ketinggian antara 800-1800. Fakta ini sudah menunjukan bahwa habitat tempat tumbuh kopi Kahayya ini benar-benar special dan berkualitas baik.

#Kopi kahayya telah dikelola secara legal oleh komunitas melalui konsep Hutan Kemsyarakatan (HKmHutan Kemasyarakatan (HKm). Yaitu sebuah konsep kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia untuk menekan laju deforestasi di Indonesia dengan melibatkan masyarakat.  Karena itu, anda tidak perlu kuatir saat mereguk kopi dengan rasa yang special ini.

#Kopi kahayya diproduksi oleh masyarakat adat di Bulukumba dengan menerapkan system agroforestry. Karena itu kopi Kahayya juga bisa disebut kopi dari bumi konservasi. Sebab kebun kopi mereka menjadi kunci untuk tetap mempertahankan kawasan menara air bagi Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya  yang dialiri Daerah Aliran Sungai (DAS) Bijawang. Dengan system agroforestry dalam program HKm tersebut, seluruh kawasan hutan lindung tersebut tetap hijau dan Lestari.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencicipinya, silahkan order di sini

2 komentar:

  1. Kopi Kahayya memgingatkan kita pada Desanya yang di bahu awan...Minum kopi Kahayya bukan hanya mencecap rasa kopi semata, tetapi mengenang alamnya yang diciptakan Tuhan dari lempeng semesta paling indah

    BalasHapus
  2. Benar sekali, wah..tampaknya agan pernah ke Desa Kahayya ya....

    BalasHapus

Accept Payment

Accept Payment