Selasa, 01 Januari 2019

Tidak salah jika Indonesia dijuluki surge kopi dunia. Selain kualitas kopinya yang sudah terkenal ke seluruh manca negara, juga karena mema...

10 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia 2019

Tidak salah jika Indonesia dijuluki surge kopi dunia. Selain kualitas kopinya yang sudah terkenal ke seluruh manca negara, juga karena memang tanahnya yang subur, tempat habitat kopi ini tumbuh sejak di perkenalkan pemerintah kolonial di wilayah hindia belanda saat itu.

Berikut ini adalah 10 jenis kopi terbaik di Indonesia versi indo Coffee Review yang layak anda coba, selain kopi Luwak yang memang sudah sangat dikenal di Amerika, Inggris, dan Korea.


#Kopi Toratima, yaitu kopi organik yang dihasilkan oleh petani kopi tradisional dari wilayah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Kopi ini diprediksi akan menyaingi kopi luak, karena rasa dan reputasinya.  Yang membedakannya adalah, hewan yang memamah biiji kopinya bukan hewan Luwak, tetapi oleh Kelelawar, tikus hutan, kera dan tupai yang hidup endemic di hutan Sulawesi Selatan.  Selengkapnya mengenai kopi ini silahkan baca mengenai Kopi Toratima Penantang Kopi Luwak

#Kopi Kahanyya, yaitu kopi kopi yang hanya tumbuh di Desa Kahayya, Kabupaten Bulu Kumba, Sulswesi Selatan.  Kopi kahaya juga adalah kopi organic, yang tumbuh di bekas letusan gunung api purba sekitar 20.000 tahun yang lalu, diatas ketinggian 800-1800 mdpl. Produk kopi ini juga dilengkapi system informasi green product tracking (GPT)  sehingga anda tahu keaslian dan asal usul produk, serta bagaimana penglolaannya oleh komunitas. Produksi kopi Kahayya kini telah mencapai 350 ton biji per tahun.

#Kopi Arang,   yaitu kopi yang diproduksi di daerah Jember, Proinsi Jawa Timur. Disebut kopi arang karena proses pembuatanya  yang unik, yaitu biji kopi digosongkan terlebih dahulu hingga menjadi seperti arang dan menimbulkan aroma  yang unik. Saat diseduh dengan ari panas, akan keluar aroma seperti bau cabe.

#Kopi  Toraja, yaitu kopi yang berasal dari kebun kopi di pegunungan wilayah Sulawesi Selatan.  Para pencinta kopi dapat memilih dua jenis Kopi Toraja, yaitu  kopi Toraja Robusta dan Kopi Toraja Arabika, tergantung selera. Tapi rasa kedua-duanya sama-sama dahsyat. Yang memebedakannya hanya  jenis kandungan asam  kandungan kafein berbeda pula.   Kopi Toraja ini tidak meninggalkan rasa pahit, sensasi rasa pahit.

#Kopi Sidikalang  yaitu kopi yang berasal sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi di wilayah provinsi Sumatera Utara. Kopi ini sekarang tak hanya menjadi ikon di Sumatera, bahkan telah menjadi pesaing kopi brazil. Kopi ini ditanam pada daerah datarang tinggi bekas vulkanis sehingga menghasilkan biji kopi berkualitas dengan rasa khas.

 #Kopi Kintamani, yaitu kopi yang berasal dari  pulau Bali. Kopi ini terkenal karena cita rasanya yang khas, yaitu lembut dan agak manis. Kopi Kintamani adalah salah satu produk yang mendapatkan sertifikat CIRAD. Pembuatannya juga dilakukan berdasarkan budaya Bali, yaitu system subak.

#Kopi Wamena. Sesuai namanya,  kopi ini berasal dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Kopi  Wamena layak untuk mendapat predikat sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia karena mulai dari pengolahan, proses produksi dilakukan dengan tradisional dan alami tanpa mengesampingkan kualitas. Kopi ini menghasilkan rasa, aroma yang tiada duanya.

#Kopi Gayo. Kopi ini Kekentalan lebih ringan, plus keasaman yang seimbang. Uniknya ia membawa rasa cokelat, tembakau, asap, tanah, serta kayu. Kopi ini  tumbuh di Pegunungan Gayo, Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam. Produksi pertahunnya kini  sudah mencapai  50-60 ribu ton biji. Dengan tujuan  ekspor Eropa dan Amerika Serikat.

#Kopi Kalosi. Kopi ini sebenarnya berasal Enrekang dan sekitarnya,  di Provinsi Sulawesi Selatan. Ciri utamanya adalah  Kekentalannya bagus, sedangkan keasaman rendah.  Kalau diminum ada rasa cokelat dengan sedikit kesan jeruk.  Saat ini kopi ini diproduksi  antara 5.000-10 ribu ton biji pertahun dan di eksport  ke Jepang, Eropa (Jerman), dan Amerika Serikat.

#Kopi Lanang. Kopi ini dianggap sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia dengan basis produksi di Jawa. Pasar kopi Lanang ini memang khusus lelaki, sesuai dengan namanya Lanang yang berarti pria. Kopi ini terbuat dari Peaberry atau biji kopi tunggal. Kabarnya kopi ini berkhasiat meningkatkan vitalitas dan stamina pria.

Selain ke 10 kopi di atas  sebenarnya banyak sekali kopi yang memiliki reputasi tinggi di Indonesia, salah satunya Kopi Ciwidey yang pernah meraih rekor MURI sebagai kopi termahal di Indonesia. Kopi ini adalah salah satu single origin yang menjadi favorit para penggemar di Indonesia dan manca negara, terutama bagi mereka yang memang mencari kopi yang berkarakter dengan citarasa tinggi. Bagi yang  tak sabar ingin mencicipi kopi Ciwidey bisa order di sini...

4 komentar:

  1. Kapan itu aku dikasih kopi mas Yayan. Enak, tanpa gula rasa smoot. Apa masuk ya the best ten ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasi kita juga dunk Kaka Dwi, supaya kopinya bisa kami review..:)

      Hapus
  2. Terima kasih...memberi gambaran kopi yg sdh punya nama dan tentu saja sdh terbukti di pasar pencinta kopi.

    BalasHapus
  3. Sama-sama Gan...kami mencoba menyajikan kopi terbaik melalui Kedai Kampung...

    BalasHapus

Accept Payment

Accept Payment